Inilah Kisaran Harga Memory Card dan Cara Membedakan Antara yang Asli dan Palsu

Assalamuallaykum, apa kabar pembaca?
Masih semangat membaca kaan.. Jangan lupa simpan bahan bacaan di gadget supaya mudah untuk dibawa-bawa kemana saja. Pastinya butuh kartu memori dong ya bukan cuma memori internal gadget. Sudah tau semua kan apa itu kartu memori?

Well,
Memori merupakan salah satu bagian dari alat elektronik yang memiliki peran yang penting karena berfungsi untuk menyimpan beragam jenis file yang ada di alat tersebut. Kartu memori ini biasanya terpasang pada ponsel pintar ataupun kamera. Harga memory card juga berbeda seperti di toko online terpercaya dengan harga yang berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Ada beberapa jenis kartu memori yang ada di pasaran termasuk yang ada di toko online.

Jenis kartu memori yang ada di toko tersebut pertama adalah SD Card. Secure digital card ini umumnya dipergunakan di smartphone, kamera ataupun laptop. Jika dibandingkan dengan yang lainnya, kartu memori ini lebih terkenal dan lebih banyak dipergunakan. Pada dasarnya, standar dari jenis memori card ini menggunakan format file FAT16 yang memungkinkan Anda untuk menyimpan file dengan kapasitas 32 MB hingga 2GB. Jenis memori yang sudah dilengkapi dengan content protection for recordable media atau CPRM memungkinkan jenis kartu memori ini lebih aman dari pembajakan media serta pencegahan dari penghapusan data tanpa disengaja dengan adanya switch write-protection.

Kedua adalah SDHC atau secure digital high capacity. Jenis memori card ini merupakan perkembangan dari SD Card. Jenis kartu memori yang tidak memiliki perbedaan pada design dan bentuk ini memiliki kecepatan dan performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, jenis kartu memori ini juga memiliki perkembangan di bagian kapasitas dengan besar 2-32GB. Walaupun jenis memori card ini tetap compatible dengan jenis SD Card namun hindari menggunakan jenis SDHC card di perangkat lama yang hanya dapat membaca SD Card.

SDXC atau secure digital extended capacity yang merupakan perkembangan dari SDHC sehingga tidak hanya kualitas namun juga kapasitas yang semakin bertambah besar. Jenis memori card ini mampu menulis hingga kecepatan 35 MB/s dan kecepatan baca yang hingga 60 MB/s. Dengan menggunakan jenis kartu memori ini maka Anda bisa mengambil video dengan durasi yang panjang dan beresolusi HD dengan kapasitas 32GB hingga 2 TB. Karena hal tersebut harga memory card ini sangat mahal.

Walaupun dari ketiga jenis memori tersebut jenis SD Card yang paling banyak digunakan, namun, untuk mencegah agar Anda tidak tertipu dan mendapatkan kartu memori yang palsu. Cara paling mudah adalah dengan melihat tampilan dari kartu memori tersebut. Jika pada tulisan yang tercetak di kartu memori tidak terlihat rapi dan bahkan terdapat beberapa bagian yang tidak tercetak sempurna, maka kemungkinan besar kartu memori tersebut palsu.

Selain itu pertimbangkan mengenai harga memory card. Kartu memori yang asli memiliki harga yang cukup mahal. Sehingga jika Anda mendapati kartu memori dengan harga di bawah Rp 30 ribuan maka Anda harus curiga karena siapa tahu kartu memori yang Anda beli tersebut palsu. Cara lain untuk membedakan antara kartu memori yang asli dan yang palsu adalah:

Cek kemasan. Jenis kartu memori yang asli memiliki kemasan yang mencantumkan informasi yang lengkap misalnya berapa kapasitasnya, jenisnya atau yang lainnya. Sehingga jika ada kartu memori yang ditaruh di kemasan dan hanya terdapat tulisan dari merk tersebut.

Jangan lupa untuk cek kapasitasnya sehingga saat Anda sudah memasangnya di ponsel Anda, Anda tidak merasa tertipu dan bisa menggunakannya dengan maksimal untuk menyimpan file.

1 komentar:

  1. Ilmu baru. Ternyata jenisnya banyak ya... Thanks for sharing...

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.