Martabak sayur nugget

Assalamu’allaykum, teman baca malam ini saya mau post lagi tentang resep masakan.

Alhamdulilah sayuran di keluarga kami menjadi konsumsi sehari-hari yang wajib. Apabila saya tidak memasak sayur, anak saya akan menanyakan. Dia akan protes kalau tidak maka sayur perutku susah buang air.

Sejak bayi dia saya biasakan makan sayur dengan metode finger food. Ketika usianya beranjak 2 tahun memang ada pola makan dia yang mulai menolak sayur. Saya tetap berusaha dan memberikan contoh, alhamdulillah di usianya yang 5 tahun sudah mulai menyukai sayuran. Tomat dan wortel biasa dia makan mentah kadang dia mengikuti saya makan kol mentah untuk lalapan.
Salah satu menu untuk membujuknya mau makan sayur adalah omelet sayur. Saya mengisi omelet biasanya dengan kol, tomat, wortel atau bayam. Malam ini saya buatkan dia omelet bayam dengan tamahan Nugget Stick So Nice dari So Good. Tulisan ini tadinya mau saya beri judul “Omelet Sayur Nugget” karena kami berdua sepakat rasa omelet malam ini seperti martabak, jadilh kami juluki masakan malam ini “Martabak Sayur Nugget”.

Omelet ini jadi berbeda rasanya pasti karena cara pembuatan yan berbeda dari biasanya dan tambahan isian nugget yang memberi kesan ‘daging’ seperti rasa martabak. Cara yang beda apa sih?

Yuk simak langkah-langkah pembuatannya ya, tapi sebelumnya cek ricek dulu bahan yang kami gunakan.

Bahan :
  1. 3 butir telur
  2. Bawang merah dan bawang putih cincang (bisa juga diuleg)
  3. Bayam 1 ikat kecil diiris tipis
  4. Nugget Stick So Nice dari So Good
  5. Garam secukupnya

Cara memasak :
  1. Kocok 3 butir telur menggunakan blender tangan (jika tidak ada bisa menggunakan pengocok telur) sampai berbuih dan agak keputihan warnanya. Cara ini yang membuat telur lebih merata daripada dikocok dengan garpu biasa
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih, bayam dan garam secukupnya
  3. Panaskan teflon dengan minyak yag cukup hingga merendam adonan
  4. Masak menggunakan api paling kecil, di kompor saya hanya menyala yang bagian tengah
  5. Tutup wajan dan biarkan agak lama, sambil dikontrol supaya tidak gosong tapi bayam bisa matang
  6. Setelah sisi bawah termasak sempurna, berwarna kecoklatan balik hati-hati adonan martabak jangan sampai patah atau robek
  7. Kemudian masak lagi sisi atas yang baru saja dibalik dengan cara yang sama tetapi berikan lubang bebeapa bagian dengan menusukkan sutil
  8. Setelah masak angkat dan tiriskan supaya kandunga minyak di dalam martabak berkurang

Martabak sayur nugget ini bisa jadi alternatif menyenangkan untuk anak-anak yang cenderung picky eater terutama penyuka protein hewan. Sayurnya tidak begitu terasa tetapi tidak terlalu dimasak seperti proses perebusan. Vitamin di dalam sayur tidak banyak terbuang karena tidak melarut dengan air rebusan.

Nugget Stick-nya akan menjadi daya tarik si anak picky eater karena ada rasa daging ayam di dalam martabak, apalagi kalau si dia dilibatkan ikut memasak bersama. Anak-anak biasanya akan bersemangat untuk menghabiskan makanan yang mereka masak sendiri. Kegiatan memasak buat anak seperti permainan yang hasilnya bisa dimakan betulan.

Sudah pernah mencoba memasak bersama anak bun?
Jika sudah pasti merasakan kesenangan diatas.
Jika belum, wajib dicoba nih bun pengalaman menyenangkan bersama ananda.

Apalagi moment Ramadhan ini sebentar lagi berlalu, menyiapkan makanan sahur bersama ananda akan jadi pengalaman tak terlupakan dan menyenangkan.

Ramadhan Kareem untuk sahabat baca semua.

Tidak ada komentar:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan kenangan di kolom komentar blog. Insyaallah segera dibalas :)

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, it's not that hard to do dear...

Diberdayakan oleh Blogger.